Kamis, 08 Januari 2009

Kepedulian terhadap data


Kepedulian atau pemanfaatan terhadap data di indonesia saat ini sangat minim, khususnya oleh para masyarakat menengah ke bawah. Hal ini disebabkan karena masyarakat menengah kebawah belum memahami pentingnya pemanfaatan data dalam kehidupan sehari-hari. Maksud dari pemanfaatan data dalam kehidupan sehari-hari adalah mengumpulkan data-data yang bermanfaat bagi kebutuhan atau perkerjaan dan menjadikannya sebuah informasi. Dan informasi tersebut digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan suatu tindakan atau pengambilan keputusan.
Pada suatu perusahaan, industri, pemerintahan pemanfaatan terhadap data sangat tinggi, ini di kerenakan lembaga atau institusi tersebut memerlukan data-data yang berkorelasi. Dan data-data yang berkorelasi tersebut dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna sebagai bahan pertimbangan dalam pengabilan suatu keputusan. Contoh dari keputusan itu adalah pengambilan bebijakan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah. Dalam hal ini pemerintah harus tau betul bagaimana kondisi ekonomi saat ini, seperti berapa jumlah penduduk yang mengangur, tidak bersekolah, atau berapa jumlah penduduk miskin. Dan untuk mengetahui jumlah tersebut pemerintah memerlukan data untuk pertimbangannya.
Jadi pemanfaatan data dalam pengambilan keputusan tersebut sangatlah penting bagi masyarakat menengah atas maupun bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar