Minggu, 28 Desember 2008

Rangkaian pertanyaan dan jawaban yang berhubungan dengan komputer dan masyarakat


@ Diakhir abad ke 20 perkembangan IT sangat pesat, hal ini didorong oleh:
* Transformasi data menjadi informasi
Kumpulan dari beberapa data yang saling berkorelasi dan berguna atau memiiki nilai dan dapat menghasilkan suatu informasi. Sebangai contoh suatu perusahaan yang ingin memutuskan kebijakan ekonomi. Maka, perusahaan tersebut memerlukan data tentang kondisi ekonomi saat ini untuk mempertimbangkan kebijakan ekonominya tersebut.

@ Tentang trend IT dimasa depan:
* Semakin banyak aplikasi freeware
Karena, banyak bermunculanya kaum versatilis dari berbagai bidang ilmu lain selain IT yang mampu menbuat software dengan cara mempelajari beberapa bahasa pemrogramman karena bahasa pemrogramman yang ada pada saat ini mudah untuk dipelajari.

@ Tentang Sertifikasi Profesi Telematika oleh LSP Telematika
* Menurunnya tingkat kepercayaan pada ijazah Sarjana Komputer.
Karena dengan adanya isp telemedia maka Ijazah S1 yang kita miliki menjadi tidak berguna jika kita harus mengikuti ujian isp telemedia untuk mendapatkan setifikat agar dapat diterima oleh suatu perusaan tempat kita akan berkerja, karena sertifikat yang kita dapatkan dari isp telemedia itu menjadi standar apakah seorang IT tersebut dikatakan mampu dalam IT jika sudah melalui ujian isp telemedia.

@ Masalah pembajakan software
* Mentoleransi/membiarkan pembajakan untuk aplikasi tertentu.
Sebenarnya membajak software sesungguhnya tidak diperbolehkan, tetapi dengan maraknya penjualan software dimana-mana maka mencerminkan bahwa membajak adalah hal yang biasa. Oleh karena itu pemerintah sendiri merencanakan bahwa membajak sama saja mencuri hak cipta orang lain. Sebagai contoh mungkin banyak sekali kita melihat pedagang CD, yang mulanya mereka mengcopy lagu diperbanyak dan diperjualbelikan kepada masyarakat. Pemerintah melakukan tindakan yang cukup baik, bahwa siapapun yang membajak dan diperjual belikan kepada masyarakat akan menjadi tersangka dan juga harus membayar sesuai dengan berapa jumlah yang telah dibajak

@ Sarjana IT menganggur karena
* Ketidak sesuaian kompetensi
Banyak sarjana komputer yang menganggur karena peluang kerja IT sangat banyak dan cepat sekali diminati, hampir disemua perusahaan-perusahaan menggunakan praktis IT atau tenaga kerja IT yang professional. Untuk memajukan perusahaan tersebut dan mencapai tujuan perusahaan semua bidang sarjana yang lain ikut berlomba-lomba memasuki bidang ini dikarenakan peluang ini sangat menjamin kehidupan dengan baik, dan diperlukan keahlian yang baik untuk dapat bersaing dengan Sarjana IT yang lain. Maka setiap Sarjana IT harus update terhadap perkembangan yang terjadi dalam dunia IT dan agar mampu bersaing dengan Sarjana IT lain dalam mendapatkan pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar